Kumpulan Puisi-Puisi Para Sufi Terkenal

Jika membaca karya puisi para sufi, sekilas tidak semua awam memahami makna yang terkandung di dalamnya. Memang, apa yang ditulis oleh para sufi dalam sebentuk puisi bukanlah rangkaian kata-kata yang lahir begitu saja. Ia lahir dari proses benturan antara pikiran, dan realitas. Memang, kebanyakan tema puisi karya para sufi ini mengangkat tema tentang ketuhanan dan hal-hal transendental. Dari puisi-puisi karya para sufi ini kita belajar tidak saja hanya soal nilai estetika sebuah puisi, namun juga belajar banyak tentang kandungan makna yang terbungkus dalam sebait-dua bait karya puisi mereka.   

Puisi-Puisi Para Sufi Terkenal

Nah, setelah beberapa waktu lalu saya menuliskan tentang puisi cinta untuk kekasih, kali ini saya akan menukil beberapa puisi karya para sufi. Dan berikut ini adalah nukilan karya-karya agung yang penuh dengan kedalaman makna mengenai Puisi-Puisi Para Sufi Terkenal, simak dibawah ini:

Inilah Puisi Karya Sufi Ibn Athaillah al-Sakandari

Sembunyikan wujudmu
Pada tanah yang tak dikenal
Sebab sesuatu yang tumbuh
Dari biji yang tak ditanam
Tak berbuah sempurna

Tak usah kau temani
Mereka yang tak membangkitkan lakumu
Dan yang kata-katanya
Tak membimbingmu
Kepada Tuhan

Puisi Karya Sufi Jalaludin Arrumi

Aku telah begitu banyak berdoa
Hingga aku telah berubah menjadi doa itu sendiri
Setiap orang yang melihat diriku
Meminta doa dariku

Puisi Karya Sufi Perempuan Rabi’ah Al-Adawiyah

Aku mencintai-Mu dengan dua cinta
Cinta karena hasrat diriku
Dan cinta karena hanya engkau yang memilikinya
Cinta hasrat, karena aku selalu sibuk menyebut nama-Mu
Cinta karena Diri-Mu saja,
Dan tidak yang lain
Karena aku selalu berharap-harap
Engkau singkapkan Tirai Wajah-Mu
Bias aku menatap-Mu seluruh
Tak ada puji-puji bagi yang ini atau yang itu
Seluruh puji-puji untuk-Mu saja

Nah, sobat pembaca setia blog ide kado terbaik, demikian beberapa ulasan mengenai puisi karya para sufi terkenal. Semoga kita dapat belajar kedalaman makna serta pemahaman kita terhadap Tuhan.  Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa bagikan atau share ke yang lain jika ini bermanfaat.