Tips Menggelar Pesta Pernikahan Menjadi Sukses

Melangsungkan Pesta Pernikahan adalah suatu acara yang sakral yang dilakukan setiap orang termasuk anda tentunya kan?. Kita yang berada di jaman serba modern ini menyelenggarakan pernikahan  dapat dilakukan dengan beberapa cara, yang pertama menggunakan  jasa WO (Wedding organiser), sekarang ini sudah banyak sekali penyedia layanan yang siap membantu anda dengan segala paket pernikahannya, mulai dengan harga yang murah dan harga yang terbilang mahal. 

pesta pernikahan menjadi sukses

Tentunya biaya untuk Wedding organiser sesuai dengan fasilitasnya. Yang kedua, Tanpa jasa WO (mandiri) yang artinya anda sebagai pelaksana sendiri. Calon pengantin akan lebih leluasa untuk merancang  konsep sesuai keinginan dan tentunya akan lebih murah dengan penyusunan yang bagus dan rapi. Pada kesempatan kali ini admin akan membantu anda untuk meraih kesuksesan dalam penyusunan pesta pernikahan yang akan anda selenggarakan.


Ada sebagian orang yang menyelenggarakan suatu upacara pernikahan tanpa menyelenggarakan pesta pernikahan, hal tersebut tentu akan merasa ada sesuatu yang kurang. Tapi untuk menyelenggarakan sebuah pesta pernikahan itu bukan hal yang gampang. Anda harus ada persiapan yang betul-betul matang untuk menyiapkan banyak hal sebelum melangsungkan acara pesta.

1. Menentukan waktu

Menentukan kapan saatnya pesta diselenggarakan merupakan hal pertama yang harus anda lakukan. Ini menyangkut persiapan dan rencana kerja yang harus anda susun. Banyak pertimbangan yang harus Anda perhitungkan dalam menentukan waktu penyelenggaraan.
- Pesta sunatan: dihubungkan dengan liburan sekolah.
- Pesta pernikahan: pada beberapa suku, ada perhitungan hari, agar didapat hari baik dan bulan baik. Namun harus diselaraskan dengan tempat resepsi.
- Pesta ulang tahun: untuk pesta ulang tahun anak sebaiknya diadakan sore hari. Sedangkan untuk hari Minggu/libur dapat dimulai pada pukul 10.00 pagi. Untuk ultah orang dewasa waktu bisa disesuaikan, namun bila di rumah ada anak kecil, Anda harus memperhitungkan tempat aman untuk si kecil.

2. Menentukan Tempat

Di mana Anda akan berpesta? Pesta dimanapun memiliki kelebihan dan kekurangan. Dirumah, selain bisa menghemat biaya, pesta yang diselenggarakan bisa terjalin lebih akrab. Ruginya, waktu pesta yang panjang, bisa membuat anda lebih repot. Namun kalau diadakan di hotel, gedung atau pun kafe, meski praktis, Anda harus memiliki dana ekstra. Bila Anda ingin mengadakan di kebun, perhatikan resiko cuaca.

3. Menentukan Jumlah

Untuk menentukan siapa yang diadakan harus dilakukan skala prioritas. Ini menyangkut besarnya dana yang dikeluarkan. Prioritas pertama, tentu saja keluarga tapi tentunya tidak seluruh dilibatkan. Kedua, teman yang meliputi, tetangga, teman kantor, dan relasi yang tentunya membutuhkan pembatasan. Khusus untuk pesta HUT anak, perhatikan pula teman si anak sendiri, Anda harus memperhitungkan orang tua, bahkan pengasuh.

4. Menyusun Hidangan

Susunlah hidangan secara matang. Menu pesta terdiri dari kue, makanan utama, dan makanan penutup. Untuk minum pilihlah minuman panas dan dingin. Kalau pesta Anda waktunya panjang, pesta tutup tahun misalnya, perhitungkan adanya penambahan makanan dan minuman.

5. Membuat Undangan, Cinderamata, Hiasan Dan Hiburan Pesta

Bila undangan terbatas, dengan berbagai kreatifitas, Anda bisa membuat sendiri undangan nya dengan menggabungkan berbagai macam warna, aneka jenis kertas. Khusus pada ulang tahun anak, gunakan berbagai macam ragam yang banyak dan menarik. Selain itu, isi dengan hiburan musik dan permainan, badut dan pendongeng bisa menjadi alternatif yang menarik.

6. Menyusun Rencana Kerja

Buat daftar tamu 2-3 minggu sebelum acara, kirimkan undangan 10 hari sebelum acara dan jawaban atas kesediaan untuk hadir bisa Anda minta terutama untuk jamuan pesta yang bersifat terbatas dan resmi semacam sitting dinner. Bentuk lah suatu panitia dan buatlah jadwal kerja, sehingga persiapan acara bisa dirancang lebih matang. Bila Anda membutuhkan jasa catering atau pun event organiser, hubungi paling tidak tiga minggu sebelum acara. Bila tidak, tulis saja apa yang Anda perlukan, dan buatlah daftar belanja.

Selamat merancang Penyelenggaraan Pernikahan yang anda akan selenggarakan, ini adalah beberapa diantara tips saya yang harap dapat membantu pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, yang biasanya adanya acara ini dapat menimbulkan rasa stess. Biaya yang murah  atau  mahal semua tergantung kemampuan kita. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat maka bagikanlah kepada orang lain agar mereka terbantu. Semoga sukses dan bahagia selalu.