Tips Memilih Cincin Pernikahan Yang Tepat

Cincin telah menjadi simbol universal untuk pernikahan. Bentuknya yang melingkar tak terputus ini melambangkan kasih yang kekal abadi dan tidak akan berakhir. Namun terkadang calon pengantin menemui kesulitan memilih cincin yang sesuai, baik karena modelnya atau karena budget yang tersedia. Dari semuanya itu, yang terpenting adalah Anda menyadari betul bahwa cincin ini melambangkan kasih saying dan komitmen penuh Anda bersama pasangan dalam meniti hidup perkawinan / pernikahan.


Jangan sembarang memilih model cincin pengantin. Ada yang harus dicermati dari benda yang satu ini. Kenakan cincin itu bukan karena bentuknya yang cantik atau harganya yang mahal, namun karena makna yang ada di balik kisah cincin tersebut. Untuk itu sebelum pergi ke toko perhiasan, simak panduan ini agar anda lebih yakin ketika sedang pilih-pilih cincin untuk acara pernikahan anda dibawah ini.

Berikut Tips Memilih Cincin Pernikahan Yang Tepat

1. Cincin harus mencerminkan kepribadian dan selera Anda.

2. Jangan membeli cincin tanpa mencobanya. Bila Anda hanya melihat gambarnya, misalnya di majalah atau internet, belum tentu akan sesuai bila dipakai di jari tangan Anda.

3. Ajak pasangan Anda ikut memilih cincin bersama. Namun sebagai dua individu, bisa saja Anda berlainan selera. Yang pasti jangan memaksakan kehendak untuk memilih satu model yang sebenarnya kurang diminati.

4. Cincin harus nyaman melekat di jari karena cincin ini akan dipakai setiap hari. Lebih baik pilih model yang tidak berlebihan agar aktifitas harian menjadi tidak terganggu.

5. Jika ingin desain atau model yang lebih spesial, anda bisa saja menambahkan aksesoris lain seperti berlian atau baru-batu yang cantik dan manis.

Selain hal-hal di atas tadi, cincin akan terlihat sangat indah jika dikenakan pada jari yang sesuai dengan modelnya. Untuk itu, lebih baik anda mengenali lebih dulu bentuk jari-jemari anda dan pasangan anda sebelum memilih model cincin pernikahan. Berikut kami sampaikan panduan mudahnya:

1. Jika tangan Anda bertulang lebar, sepertinya anda kurang cocok bila memilih cincin yang mungil. Karena cincin itu nantinya malah akan terlihat “tenggelam” di jari Anda

2. Jika anda menyukai cincin yang berukuran lebar sementara jari tangan anda besar, pilihlah cincin dengan model tepian bundar.

3. Bila anda pemilik jari-jemari kecil, pilih cincin yang lebih rata. Sedang untuk si jari ramping, cincin berdesain diagonal akan memberikan kesan lebar yang akan semakin mempermanis jari tangan anda.

4. Cincin dengan batu besar, permata atau berlian, misalnya, cocok untuk anda yang memiliki tangan besar.

5. Sedangkan untuk tangan yang lebih kecil dan ramping akan terlihat serasi dengan cincin berhiaskan lebih dari satu batu.

Ada hal lain yang perlu juga anda perhatikan ketika memilah dan memilih cincin adalah soal anggaran. Bila terbatas, anda masih bisa mengutak-atik model, berat, atau karatnya. Ada cincin yang terlihat besar tapi sebenarnya beratnya ringan. Jangan ragu untuk membandingkan harga di beberapa lokasi toko yang anda datangi.

Yang tak kalah penting, cari informasi di berbagai media, barangkali saja di kota tempat tinggal Anda sedang diadakan sebuah pameran khusus cincin pengantin. Dalam ajang ini biasanya harga yang ditawarkan lebih bersaing dengan diskon harga yang menggiurkan.

Nah itu dia yang kami sampaikan mengenai tips memilih cincin pernikahan yang tepat untuk sahabat semua yang sedang mencari-cari referensi cincin pernikahan. Semoga artikel yang sudah anda baca diatas dapat membantu anda dalam pemilihan cincin untuk acara istimewa anda dengan pasangan anda. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga acara pernikahan sobat semua lancar dan bahagia sampai akhir hayat.