Tips Memilih Lokasi Pernikahan Yang Istimewa

Dalam memilih lokasi pernikahan (wedding) merupakan salah satu agenda persiapan pernikahan yang lumayan menyita perhatian, bahkan pemesanannya pun sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari pelaksanaannya. Banyak faktor yang melatarbelakangi dan harus dipertimbangkan secara matang dan seksama. Kadang tak jarang, masalah penentuan lokasi untuk pernikahan ini membutuhkan banyak pertimbangan, mengingat hal tersebut juga menyangkut sukses tidaknya sebuah resepsi pernikahan.

Memilih Lokasi Pernikahan Yang Istimewa

Lokasi wedding atau pernikahan merupakan salah satu hal yang paling berperan besar dalam menggelar pesta pernikahan. Selain menjadi saksi sejarah bagi pasangan calon pengantin, lokasi wedding ini juga mewakili beberapa hal dari pasangan pengantin tersebut, seperti selera pribadi, kelas sosial, hingga simbol penghormatan terhadap keluarga dan tamu yang di jamu di hari istimewa tersebut.

Musim dapat berubah, namun beberapa calon pengantin menginginkan lokasi pernikahan mereka tidak saja hanya indah, namun juga memiliki nuansa yang berbeda, nyaman, berkapasitas besar untuk menampung banyak tamu undangan, seperti gedung-gedung yang menyediakan wedding hall, penginapan, taman wisata atau rumah hunian yang disewakan sebagai tempat acara pernikahan (wedding reception).

Ada Beberapa hal penting pada saat anda memilih lokasi pernikahan adalah sebagai berikut :

1. Konsep dan Tema Pernikahan 

Sebuah pernikahan dengan konsep konservatif dan konvensional umumnya menyelenggarakan acara pernikahan di dalam gedung. Sementara itu, bila temanya pesta kebun, tentu saja hamparan rumput luas dengan tanaman-tanaman yang menyejukkan mata.

2. Kebutuhan Biaya dan Fasilitas 

Dapat ditanyakan fasilitas atau paket pernikahan yang ditawarkan saat berburu lokasi untuk acara/pestanya. Jangan sampai anggaran dana tersebut tersedot padahal masih ada keperluan lain yang mungkin saja masih belum terpenuhi.

3. Jumlah Tamu Undangan 

Dalam pemilihan lokasi pernikahan sebaiknya dilakukan setelah anda mengetahui perkiraan total jumlah tamu yang akan anda undang, karena kapasitas tamu juga berhubungan dengan masalah biaya lho?

4. Lokasi Pernikahan / Wedding 

Lokasi strategis dapat menjadi suatu keuntungan tersendiri bagi pasangan calon pengantin, terutama bagi para tamu undangan yang datang.

5. Anggaran Biaya Ekstra

Anda perlu tanyakan apakah ada tambahan biaya ekstra untuk sejumlah layanan lain, misalnya penurusan ijin keramaian, keamanan, kebersihan, cake pengantin, lahan parkir, sampah, bahkan mungkin penyedian toilet tambahan.

Dan Yang Berikutnya Dimanakah Tempat Favorit Anda Dalam Memilih Lokasi Pernikahan :

1. Hotel

Dari grand hotel tua peninggalan tempo doeloe sampai yang modern dan memiliki jumlah lantai puluhan , dari kelas hotel tanpa bintang hingga kelas bintang lima bisa anda sewa ketika memilih lokasi pernikahan.

2. Gedung / Aula

Termasuk dalam hal ini gedung pertemuan , hall olah raga, atau banquet room pada beberapa rumah ibadah. Gedung seperti ini umumnya lebar dan tanpa pembatas/sekat. Dapat menampung banyak tamu undangan.

3. Restaurant

Kelebihan lokasi pernikahan ini adalah mempunyai pilihan menu yang beragam, namun dibatasi dengan waktu dan lahan parkir yang terbatas.

4. Museum dan Galeri Seni

Tempat ini dapat anda coba. Bagi yang memiliki cita rasa seni dan budaya, tempat seperti ini saat memilih lokasi pernikahan tentunnya akan diprioritaskan. Namun jangan dilupakan, aturan-aturan ditempat seperti ini tentunya sangatlah ketat, karena ada beberapa hal/bagian yang telah menjadi tempat bersejarah dan di lindungi dan betul-betul dijaga keutuhannya.

5. Rumah

Jaman sekarang ini, banyak rumah-rumah pribadi yang juga difungsikan sebagai tempat dalam meilih lokasi pernikahan, tapi terkadang kapasitas untuk tamu undangan sangatlah terbatas.

Semua tempat yang telah disebutkan diatas dalam memilih lokasi pernikahan yang istimewa anda, yang tentunya memiliki paket pernikahan atau biasa disebut wedding package. Dan biasanya pula, tempat-tempat yang telah disebutkan di atas juga memiliki banyak rekanan wedding. Semisal, rekanan dalam bidang dekorasi, photography, catering, gaun pengantin, kue pengantin dan sebagainya. Jadi dalam menentukan lokasi pernikahan semua berada di tangan anda berdua. Jangan salah pilih ya sobat.